Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan jalannya pelaksanaan debat publik perdana antar pasangan calon bupati dan wakil bupati Pilkada Belitung 2024 berjalan lancar.

"Jalannya pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 malam ini berjalan lancar," kata Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Jumat malam.

Ia mengatakan, tema debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 adalah "Transformasi Ekonomi Inklusif, Pariwisata Kreatif, Pesisir, dan Revitalisasi Lingkungan untuk Kesejahteraan Masyarakat Belitung".

Amir menilai jalannya pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 berjalan lancar ditandai dengan dimulai tepat waktu yakni pukul 19.30 WIB.

"Pelaksanaan debat perdana ini tidak ada kendala dan dari masing-masing pasangan calon juta dapat hadir tepat waktu," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 juga berlangsung dengan tertib, aman, damai, dan tidak ada gesekan antar masing-masing pendukung pasangan calon.

"Dari masing-masing pasangan calon juga mampu untuk mengkondisikan massa mereka, tidak ada keributan, tidak ada gesekan, semua saling berargumen, beradu visi misi, dan juga beradu program," katanya. 

Disampaikan, tahapan debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 merupakan tahapan yang difasilitasi oleh KPU terkait dengan pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon.

"Tujuan penyelenggaraan debat adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pilihan-pilihan yang akan dipilih pada 27 November nanti," ujarnya.

Dirinya berharap, melalui pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 ini dapat mencerdaskan masyarakat pemilih.

"Pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Belitung 2024 kami siarkan melalui media sosial, media daring, dan radio yang dipergunakan dalam proses debat kali ini jadi tersampaikan informasi atau visi misi pasangan calon dan masyarakat dapat memilih yang terbaik untuk Kabupaten Belitung ke depan," katanya. 

KPU Belitung  akan kembali melaksanakan debat publik Pilkada Belitung 2024 yang kedua pada 13 November 2024.

"Debat kedua nanti masih ada yang kami susun pada 13 November 2024 mendatang," ujarnya.

Pilkada Belitung 2024 diikuti oleh sebanyak tiga pasangan calon yakni nomor urut 1, Djoni Alamsyah dan Syamsir, nomor urut 2 Isyak Meirobie dan Masdar Nawawi, dan nomor urut 3 MZ Hendra Caya dan Sylpana.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024