Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat minta dinas terkait untuk mendata jumlah ibu hamil di daerahnya.

"Pendataan bagi ibu hamil diperlukan selain untuk mengetahui jumlahnya juga untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya kematian pada ibu melahirkan," katanya di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, selain pendataan bagi ibu hamil, petugas penyuluh kesehatan juga melakukan pemantauan bagi ibu hamil sampai melahirkan.

"Jangan sampai terulang kembali adanya ibu yang meninggal dunia saat melahirkan yang bekerja di tambang rakyat biji timah," katanya.

Menurutnya, tingginya angka kematian ibu hamil harus dapat dicegah seminimal mungkin dengan memaksimalkan pelayanan mulai dari pendataan, pemantuan sampai pada pelayanan saat proses persalinan.

"Saya mengakui, sejumlah program layanan terkait masalah kesehatan keluarga dan ibu hamil belum dapat terjangkau secara keseluruhan di tiap desa karena keterbatasan sarana komunikasi atau informasi," katanya.

Bupati mengatakan, secara bertahap pihaknya akan menambah sejumlah dokter spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis anastesi dan lainnnya.

"Secara bertahap kami akan melakukan penambahan dokter spesialis agar pelayanan kesehatan masyarakat maksimal," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016