Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau seluruh warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem baik di daratan maupun di perairan pada Jumat (28/10).

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang hingga sore pada sebagian besar wilayah Pulau Bangka bagian selatan dan Belitung," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Rizki Adzani, di Pangkalpinang, Kamis.

Daratan yang berpotensi hujan sedang, yaitu Mentok, Jebus, Belinyu, Pangkalpinang, Koba, Toboali, Tanjungpandan, dan Manggar, sedangkan di Sungailiat, Sungai Selan, dan Selat Nasik berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-22 kilometer per jam, suhu 23-32 derajat Celsius dan kelembaban udara 63-97 persen.

Ia mengatakan, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Utara Bangka masing-masing 0,5 meter, Selat Karimata 1 meter, dan di delatan Bangka berkisar 1,25 meter.

"Waspadai potensi angin kencang di perairan di provinsi ini yang berkisar 8-32 kilometer per jam. Tinggi gelombang dapat mencapai dua kali dari tinggi sebelumnya," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, tinggi pasang air laut maksimum di perairan Sungailiat Kabupaten Bangka 2,06 meter, di Membalong Belitung berkisar 2,14 meter, di Toboali Bangka Selatan 1,76 meter, dan di Kelapa Kampit Belitung Timur 1,34 meter.

Kemudian di Tanjungpandan Belitung 1,24 meter, di Belinyu Bangka 1,26 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,13 meter.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016