Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan sebagian besar daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi hujan lebat disertai petir pada Sabtu (29/10).

"Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang-sore masih rentan terjadi di Pulau Bangka dan Belitung," kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Jumat.

Daratan yang berpotensi hujan sedang di Mentok, Jebus, Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang, Koba, Toboali, dan Tanjungpandan, sedangkan di Sungai Selan, Manggar, dan Selat Nasik berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi itu 6-22 kilometer per jam dari tenggara ke barat daya dengan suhu 23-32 derajat Celcius dan kelembaban udara 64-97 persen.

Tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Utara Bangka masing-masing 0,5 meter, Selat Karimata dan Selatan Bangka berkisar satu meter.

Rata-rata kecepatan angin di perairan di provinsi setempat berkisar 8-33 kilometer per jam.

"Meskipun terpantau ketinggian gelombang normal namun diharapkan nelayan dan jasa angkutan laut tetap waspada karena ketinggian gelombang dapat mencapai dua kali dari tinggi sebelumnya," ujarnya.

Pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,88 meter, Membalong Belitung 2,11 meter, Toboali Bangka Selatan 1,74 meter, dan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,38 meter.

Di Muntok Bangka Barat 0,94 meter, di Tanjungpandan Belitung 1,08  meter, dan Belinyu Kabupaten Bangka 1,09 meter.  
    
"Sebaiknya periksa dulu alat keselamatan ketika hendak melaut sudah lengkap atau belum agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlayar," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016