Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga setempat agar mewaspadai potensi angin kencang yang akan terjadi pada Jumat (4/11).

"Waspadai potensi angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang-sore di Pulau Bangka bagian utara dan Belitung," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Tri Yulianto, Kamis.

Dia menjabarkan, daratan Jebus, Belinyu, Sungailiat  Pangkalpinang, Tanjungpandan, dan Manggar berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sementara itu di Mentok, Koba, Toboali, Sungai Selan, dan Selat Nasik  berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi itu berkisar 6-22 kilometer per jam, dengan suhu 23-32 derajat Celcius, dan kelembaban udara 64-98 persen.

"Waspadai kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional untuk mewaspadai ketinggian gelombang terutama di wilayah perairan Utara Kepulauan Bangka Belitung, dan Selat Karimata bagian utara.

Tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka berkisar 0,5 meter, Selat Gelasa, dan Selatan Bangka berkisar 0,75 meter, Utara Bangka dan Selat Karimata masing-masing berkisar 1 meter. Rata-rata kecepatan angin di perairan di provinsi ini berkisar 13-35 kilometer per jam.  
"Tinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari sebelumnya, maka itu diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.  
    
Pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,27 meter, Membalong Belitung 2,29 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,83 meter, dan Toboali Bangka Selatan 2,03 meter.

Kemudian di Muntok Bangka Barat 1,86 meter, Tanjungpandan Belitung 1,57 meter dan Belinyu Kabupaten Bangka 1,63 meter.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016