Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 50 relawan siaga bencana alam yang bertugas di wilayah tersebut.

"Relawan siaga bencana alam ini untuk membantu petugas tanggap darurat dalam memberikan pertolongan pertama terhadap korban bencana alam," kata Plt Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh saat menghadiri acara latihan penanggulangan bencana kepada 50 relawan di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 50 relawan yang diambil dari setiap kecamatan ini dilatih agar lebih matang dalam melakukan pertolongan cepat terhadap korban bencana alam.

"Materi latihan bagi relawan tersebut adalah cara melakukan pertolongan pertama, simulasi pemadaman kebakaran, pendirian tenda darurat," ujarnya.

Ia mengatakan, komunitas relawan penanggulangan bencana nantinya sangat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi banjir dan bencana alam lainnya.

"Apalagi di Bangka Tengah belakangan ini sering terjadi bencana alam banjir, angin kencang hingga merusak rumah dan pohon tumbang, dan musibah kebakaran," ujarnya.

Ia mengatakan, sebagai relawan tentu harus berbuat dengan sepenuh hati membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

"Relawan harus bersahabat dengan alam, mereka adalah tim yang sangat penting dalam penanggulangan bencana alam baik musibah kebakaran, banjir dan lainnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016