Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan tiga proyek besar rampung akhir 2016, sehingga dapat mempercepat laju pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami optimistis tiga proyek besar yaitu Mobile Power Plane (MPP), jembatan buka tutup (Bascule) dan terminal baru Bandara Depati Amir Pangkalpinang rampung akhir tahun ini," kata Plt Gubernur Kepulauan Babel, Yuswandi A.Tumenggung di Pangkalpinang, Rabu.

Ia memastikan tiga mega proyek ini direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada akhir tahun ini.

"Progres ketiga proyek besar ini sudah hampir selesai, MPP sudah maksimal, jembatan masih menunggu pembebasan lahan dan bandara masih sedikit yang harus diperbaiki dan menunggu statusnya untuk menjadi bandara internasional," katanya.

Ia mengatakan untuk kesiapan terminal Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju bandara internasional, pihak terkait sedang melakukan proses penerimaan sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan SDM di bandara tersebut.

"Pada 21 November ini bertepatan HUT Provinsi Kepulauan Babel, kita akan laksanakan peluncuran awal bandara. Meski belum bisa dimanfaatkan secara penuh, setidaknya saat itu bandara bisa beroperasi," harapnya.

Sekda Babel Provinsi Kepulahan Bangka Belitung, Yan Megawandi menambahkan pihaknya optimis ketiga proyek besar penduking infrastruktur ini segera diresmikan sebelum 2017.

"Kita optimis ketiga proyek dapat diresmikan sebelum 2017, karena kendala progress tinggal sedikit seperti di jembatan hanya kendala lahan saja yang belum tuntas," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016