Pangkalpinang (Antara Babel) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sudah menerbitkan izin operasional Program Studi (Prodi) Kelautan Universitas Bangka Belitung.

Penerbitan izin operasi ini akan berdampak pada ketersediaan tenaga profesional di bidang kelautan, ujar Rektor UBB, M Yusuf di Pangkalpinang, Kamis.

UBB yang berstatus perguruan tinggi negeri (PTN) sejak tahun 2010, mengelola lima fakultas dengan 18 prodi, masing-masing tiga  di Fakultas Ekonomi dan Fisip, enam di Fakultas Teknik, lima di Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, serta satu di Fakultas Hukuma.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Kelembagaan Kemristekdikti Agus Indarjo saat mengunjungi UBB mengatakan, dengan adanya Prodi Kelautan, maka kiprah Tridharma Perguruan Tinggi UBB semakin sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

Ia menjelaskan, Provinsi Kepulauan Babel memiliki  400-an pulau yang dihubungkan dengan lau,t dan untuk mengelola dan memanfaatkan  kekayaan sumber daya alam di dalamnya perlu peran akademisi dan tenaga profesional di bidang kelautan.

"Dengan adanya prodi kelautan ini, di Babel akan semakin tersedia tenaga-tenaga profesional yang akan  engelola poros maritim, potensi di permukaan laut, kolom air, dan di dasar perairan. Semua itu untuk menyejahterakan masyarakat," tuturnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016