Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga setempat agar mewaspadai potensi angin kencang pada Senin (12/12).

"Waspadai potensi angin kencang yang disertai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan petir pada siang dan sore di wilayah Bangka bagian utara dan Pulau Belitung," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Deas Achmad Rivai, Minggu.

Daratan Mentok, Jebus, Sungailiat, Pangkalpinang, dan Toboali, Tanjungpandan, Manggar, dan Selat Nasik berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sementara itu di Belinyu, Koba, dan Sungai Selan, berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-25 kilometer per jam, suhu 23-32 derajat celcius, dan kelembaban udara 65-97 persen.

"Waspadai kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional untuk mewaspadai ketinggian gelombang laut di perairan di provinsi ini karena bisa berubah-ubah kapan saja.

Tinggi gelombang di perairan Selat Bangka berkisar 0,5 meter, dan Selat Gelasa dan Selatan Bangka masing-masing berkisar 0,75 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata berkisar 3 meter.

"Nelayan jangan sampai ada berlayar hingga Perairan Bangka dan Selatan Bangka. Tinggi gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari sebelumnya, maka itu diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.  
    
Pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,68 meter, Membalong Belitung 2 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,81 meter, dan Toboali Bangka Selatan 1,71 meter.


Kemudian di Muntok Bangka Barat 0,96 meter, Tanjungpandan Belitung 1,06 meter dan Belinyu Kabupaten Bangka 0,98 meter.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016