Pangkalpinang (Antara Babel) - Lembaga Amil Zakat Infak Sadakoh (LAZIS) PT PLN Wilayah Bangka Belitung menggelar khitanan massal bagi masyarakat tidak mampu di wilayah itu.

General Manager PT PLN Wilayah Bangka Belitung, Rustamadhi di Pangkalpinang, Selasa, mengatakan kegiatan khinatan massal termasuk dalam program CSR dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kegiatan khitanan massal hari ini diikuti 625 peserta dari seluruh Bangka Belitung, di mana untuk Pangkalpinang dikuti sekitar 170 anak dan kemungkinan bisa lebih," katanya.

Kegiatan khitanan massal tersebut dilaksanakan di sembilan tempat antara lain di Rayon PLN Pangkalpinang, Rayon Sungailiat, Rayon Koba, Rayon Mentok, Rayon toboali, Rayon Manggar, Rayon Tanjung Pandang, Kantor Sektor dan PLTD Pilang.

"Khinatan massal ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat terkait kesehatan, karena kami juga merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri. Apalagi momen ini pas sekali di saat anak-anak kita liburan sekolah," katanya.

Dikatakannya, LAZIS PLN dibentuk dengan kebijakan korporat sebagai fasilitas yang dipercaya pegawai untuk menyalurkan zakat penghasilannya yang kemudian dikelola dan disampaikan sesuai ketentuan asnaf zakat.

Selain itu, dalam penyalurannya LAZIS PLN menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diklasifikasikan dalam program pendidikan dan dakwah, kesehatan, sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi.

"Sedangkan dalam pelaksanaan kegiatannya LAZIS selalu bekerja sama dengan badan-badan lain yang bergerak di bidang tersebut seperti BAZNAS, BAZDA, serta Lembaga Pengembangan Islam lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan, hingga kini LAZIS PLN telah menyalurkan lebih dari Rp400 juta untuk beberapa jenis kegiatan yang telah dan sedang diselenggarakan di Bangka Belitung.

"Untuk program bidang pendidikan dan dakwah, LAZIS PLN mengadakan kegiatan Beasantri (salafiah dan tahfidz Quran), dauroh Al Quran braille, beadedikasi asatidz, bantuan pesantren dan Taman Pendidikan Al Quran, juga beasiswa ke Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi (PeTIK) dan ke Rumah Gemilang Indonesia (RGI)," katanya.

Sedangkan untuk program kesehatan mengadakan kegiatan khitanan massal anak dhuafa, juga turut berkontribusi dalam kegiatan unit kesehatan keliling Rumah Sehat BAZNAS, serta beberapa bantuan biaya pengobatan keluarga dhuafa sesuai dengan alokasi anggaran yang tersedia.

Selanjutnya untuk program sosial kemasyarakatan, LAZIS PLN memberikan santunan biaya hidup pada dhuafa, bedah rumah marbot masjid, penyediaan air bersih serta berpartisipasi dalam program tanggap bencana.

"Sedangkan untuk program pemberdayaan ekonomi, LAZIS PLN merintis pengembangan kemandirian ekonomi melalui pembinaan calon wirausahawan muda dari keluarga dhuafa, serta pemberdayaan ekonomi pesantren," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016