Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat mengingatkan seluruh masyarakat di daerah rawan banjir agar meningkatkan kebersihan lingkungan.

"Kebersihan lingkungan bagi masyarakat yang berada di daerah rawan banjir pada saat musim hujan penting dilakukan agar mengurangi kemungkinan terjadinya banjir yang lebih besar," katanya di Sungailiat, Jumat.

Tarmizi Saat mengatakan, beberapa tempat yang perlu dibersihkan yakni di aliran air, rumput atau sampah yang menumpuk sehingga air dapat mengalir deras.

"Kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan terutama di rumah masing-masing agar apabila hujan lebat datang tidak ada lagi saluran-saluran yang tersumbat yang dapat menyebabkan banjir," katanya.

Bupati juga meminta kepada pihak kelurahan sampai tingkat RT agar menyampaikan kepada masyarakat  untuk tetap meningkatkan kebersihan. Kebersihan lingkungan seharusnya dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat tidak hanya bagi masyarakat di daerah rawan banjir.

"Dengan lingkungan bersih tentunya selain menjaga kesehatan juga berdampak pada keindahan di lingkungan itu," ujarnya.

Tarmizi Saat mengatakan, kebersihan menjadi bagian penting dalam upaya mewujudkan visi pemerintah daerah yakni terciptanya kehidupan masyarakat yang sehat dan berkualitas. Sebab, lingkungan yang bersih akan mendukung peningkatan mutu kesehatan masyarakat itu sendiri.

"Jika lingkungan tempat tinggal kita kumuh dan kotor maka sangat  rentan terhadap serangan penyakit," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016