Sabang (Antara Babel) -  Kapal Motor (KM) Mengah Scorpion yang membawa gas elpiji ke Sabang, Aceh tenggelam di Teluk Jaboi, Sabang, Minggu (1/1) berhasil dievakuasi pada Senin dini hari.

"Syukur boat yang membawa gas elpiji itu sudah dievakuasi dan semua tabung gasnya berhasil diselamatkan," kata Panglima Laot (Lembaga Adat) Wilayah Jaboi, Sukajaya, Sabang Hamdan di Jaboi, Senin.

Panglima Laot juga menjelaskan, KM Mengah Scorpion kapasitas 10 gross tonage (GT) tersebut tenggelam murni karena cuaca buruk dan musibah ini tidak menelan korban jiwa.

"Boat tersebut tenggelam murni karena cuaca buruk, sekarang musim timur gelombang lautnya 2-3 meter," ujarnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada nelayan untuk lebih waspada ketika melaut dan jika cuaca buruk tidak melaut sementara waktu.

Lebih lanjut ia menyebutkan, semua muatan kapal sudah berhasil dievakuasi meliputi, gas elpiji 3 Kg sebanyak 560 tabung, gas 12 Kg sebanyak 90 tabung.

"Boatnya pun sudah dideret ke bibir pantai dibantu oleh boat nelaya lainnya," katanya lagi.

KM Mengah Scorpion berangkat dari Pelabuhan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lampulo, Banda Aceh, Minggu (1/1) pagi tujuan Pelabuhan TPI Jaboi, Sabang, membawa tabung gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan penduduk Sabang sebanyak 37.000 jiwa.

Boat tersebut tenggelam ketika memasuki kuala Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Jaboi sekira 40 meter dari lepas pantai karena dihantam ombak besar dan seketika itu boat tenggelam bersama isinya sekitar pukul 03:45 WIB Minggu (1/1) pagi.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017