Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Sholeh memastikan 75 persen soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan dibuat oleh guru di sekolah.

"Ini sebagai upaya kita memberi kepercayaan kepada guru agar dapat meningkatkan profesionalismenya dalam membuat soal ujian berstandar nasional," kata dia di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, kementerian menetapkan 75 persen soal USBN dibuat di sekolah dan 25 persen dibuat di pusat.

"Penyusunan soal-soal USBN bersifat mandiri dan akan dilakukan pada Januari hingga Maret. Jika sudah selesai, maka pada April akan segera didistribusikan ke sekolah yang kemudian akan digandakan oleh sekolah masing-masing," ujarnya.

Menurut dia, meskipun soal-soal USBN dibuat guru-guru lokal daerah dan digandakan oleh sekolah masing-masing, namun dipastikan tidak akan ada kebocoran.

"Soal-soal USBN tahun ini dipercayakan kepada guru. mulai dari pembuatan, penyusunan hingga penggandaan dan diharapkan tidak ada kebocoran soal," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kebocoran, pihaknya menyiapkan soal utama, cadangan dan susulan agar rahasia soal USBN tetap terjaga dan nilai UN siswa sesuai prestasinya.

"Kami minta para guru dalam penyusunan soal USBN dapat meningkatkan mutunya agar kualitas soal dan pembelajaran di sekolah terus meningkat sesuai yang diharapkan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017