Pangkalpinang (Antara Babel)  - Puluhan rumah warga di beberapa kecamatan di Kota Pangkalpinang,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rusak diterjang angin puting beliung pada Jumat sore, sekitar pukul 14.30 WIB.

Kepala Dinas Sosial dan PPA Kota Pangkalpinang Mikron Antariksa, Jumat, mengatakan puluhan rumah yang rusak akibat puting beliung tersebut terdapat di Kecamatan Rangkui,  Taman Sari,  Gabek, dan Gerunggang.

"Untuk Kecamatan Rangkui rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 22 unit,  Taman Sari 15 unit,  Gabek empat unit dan Gerunggang empat unit," katanya.

Ia menyebutkan,  dari puluhan rumah yang rusak tersebut,  10 rumah di antaranya mengalami rusak berat.  Rata-rata rumah yang rusak tersebut terjadi pada bagian atap rumah.

"10 rumah yang rusak berat tersebut terdapat di Kelurahan Gabek sebanyak dua unit,  Bukit Sari dua unit,  Pintu Air satu unit,  Gajah Mada dua unit dan di belakang kantor Camat Rangkui tiga unit, " katanya.

Ia mengatakan,  pihaknya melalui tagana membantu memasangkan terpal kepada rumah warga yang mengalami rusak berat agar tidak basah karena air hujan dan dinginnya angin malam.

"Selain Tagana, Wali Kota Pangkalpinang Non aktif Irwansayah juga akan memberikan bantuan berupa asbes kepada para korban yang rumahnya rusak" katanya.

Ia mengatakan,  jumlah rumah yang rusak tersebut berdasarkan data tadi siang dan kemungkinan akan penambahan.  Namun pihaknya berharap penambahan data rumah yang rusak tidak banyak.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk waspada, karena wilayah Pangkalpinang berdasarkan data dari BMKB sedang memasuki musim hujan yang disertai angin kencang," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017