Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 148 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wabup Bangka, Rustamsyah di Sungailiat, Jumat, memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang yang sudah memilih Bangka tepatnya di Kecamatan Bakam sebagai tempat KKN.

"Tentu kami menyambut baik kedatangan mahasiswa ini, apalagi mereka akan fokus mendukung program pertanian di daerah ini," katanya.

Ia berharap, kehadiran para peserta KKN tersebut dapat berguna tidak hanya bagi para mahasiswa, namun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat dan Pemerintah Kabupaten Bangka.

"Keberadaan para mahasiswa diharapkan dapat membantu masyarakat setempat sesuai dengan bidang ilmu masing-masing dan memberikan kontribusi positif," katanya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Khaidir Sobri, mengatakan dipilihnya Kabupaten Bangka untuk lokasi KKN karena Kabupaten Bangka sebagai bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan merupakan salah satu daerah yang menjadi bagian dari 10 destinasi wisata baru di Indonesia.

"Di Pulau Sumatera ini hanya ada dua provinsi, yakni Sumatera Utara dan Bangka Belitung yang ditetap sebagai diantara 10 daerah di Indonesia yang dijadikan destinasi baru," katanya.

Selain itu, kata dia, di Kabupaten Bangka juga banyak terdapat Program Kementerian Pertanian yang  diselenggarakan di daerah ini.

"Para mahasiswa yang melakukan KKN ini semuanya dari fakultas pertanian, sehingga diharapkan dapat menerapkan ilmu yang mereka dapati untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan pertanian yang tangguh," katanya.

Ia juga berharap para mahasiswa untuk melaksanakan KKN dengan sungguh¿sungguh sehingga didapatkan pengalaman dan ilmu yang berharga, sebagai bagian dari proses kedepan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Melalui kegiatan KKN ini bisa terbangun karakter mahasiswa yang lebih berkualitas dalam berbagai aspek baik dari pengetahuan, pengalaman dan sosial kemasyarakatan," katanya.***4***

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017