Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu pemasaran ikan budi daya di daerah itu, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami tidak hanya melakukan pembinaan terhadap para pembudi daya ikan air tawar, tetapi juga membantu pemasarannya," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah menggelar kegiatan temu bisnis dan menjalin kerja sama dengan sejumlah supermarket untuk memasarkan ikan budi daya yang saat ini memiliki prosfek menjanjikan di daerah itu.

"Kami juga menindak lanjuti permintaan ikan lele dari seorang pengusaha ikan di Batam, mereka siap membeli ikan budi daya daerah ini dalam jumlah yang banyak," ujarnya.

Menurut dia, usaha ikan budi daya di daerah itu menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dan para pembudi daya tersebar pada setiap kecamatan di daerah itu.

"Para pembudi daya ikan juga semakin profesional mengembangkan usaha tambak ikan mereka karena selalu mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Pemerintah daerah juga terus mendorong tidak hanya dengan melakukan pembinaan tetapi juga mencari pangsa pasar ikan sehingga peternak ikan semakin termotivasi menjalankan usahanya.

"Selama ini pemasaran menjadi kekhawatiran para pembudi daya, mereka takut produksi ikan melimpah tetapi tidak tahu dijual kemana, maka kami bantu pemasarannya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, usaha ikan budi daya yang mampu menjalankan bisnis secara baik dan benar diusulkan ke kementerian terkait untuk dikeluarkan sertifikat atau bersertifikasi.

"Jika usaha perikanan budidaya sudah bersertifikasi, akan mampu mendongkrak pasar karena kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual semakin tinggi," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017