Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat minta seluruh personel Perlindungan masyarakat (Linmas) untuk mendukung menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur 2017.

"Saya minta seluruh Linmas dapat bekerja dengan maksimal membantu pihak kepolisian mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS)," katanya di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, hal terpenting dari tugas Linmas di TPS adalah dengan cara secepat mungkin melaporkan ke pihak kepolisian jika mengetahui adanya dugaan gangguan di masing-masing TPS.

"Saya akui tugas Linmas cukup berat, mulai dari dibukanya TPS sampai perhitungan surat suara selesai," katanya.

Bupati mengatakan, sebanyak 700 orang personel Linmas akan ditempatkan diseluruh TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bangka.

"Peran linmas sangat penting dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban serta memastikan pemilih memiliki rasa aman dan nyaman dalam menggunakan hak pilihnya di TPS," katanya.

Dikatakan, masing-masing TPS akan ditempatkan dua orang personel Linmas yakni di pintu masuk dan pintu keluar. Personel Linmas harus cerdas dan tahu tatacara dalam pelaksanaan pemungutan suara, jadi Linmas bukan hanya jaga keamanan saja.

"Linmas senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan menciptakan suasana kondusif di masing-masing wilayah, personel dituntut  menyiapkan diri dengan kekuatan mental, fisik, dan pengetahuan yang cukup," ujar bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017