Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung 2017.

Rekapitulasi tingkat kabupaten diseelenggarakan di Gedung Sriwijaya Unit Metalurgi di Muntok, Rabu.

Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Martono mengatakan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten merupakan hasil terakhir untuk penghitungan suara di tingkat kabupaten.

"Selanjutnya hasil penetapan penghitungan ini akan kami sampaikan ke KPU Provinsi Babel sebagai bahan penetapan calon terpilih," katanya.

Menurut dia, faktor cuaca pada hari pencoblosan menyebabkan menurunnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan.

Rekapitulasi digelar KPU Kabupaten Bangka Barat, dihadiri seluruh komisioner KPU daerah setempat, tiga komisioner Panitia Pengawas Pemilu kabupaten, saksi seluruh pasangan peserta pemilihan, utusan Pemkab Bangka Barat, polres, kejaksaan negeri, Koramil Muntok, dan seluruh PPK dari enam kecamatan.

Kegiatan berjalan lancar dan kondusif dengan pengamanan dari puluhan personel Polres Bangka Barat dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Bangka Barat.

Penjagaan keamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan cukup ketat, mulai dari penempatan personel di jalan sekitar lokasi, lingkungan gedung hingga dalam gedung.

Sebanyak 61 personel Polres Bangka Barat dikerahkan untuk mengamankan kegiatan agar berjalan aman dan lancar.

"Personel yang kami kerahkan berasal dari Satlantas, Sabhara, Intel, Reskrim dan Binmas," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Chandra Kurnia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017