Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di perairan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif aman sepanjang Kamis (23/2).

"Besok ketinggian gelombang signifikan di perairan termasuk di jalur penyeberangan di Provinsi Kepualau Bangka Belitung diprakirakan relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk para nelayan tradisional," ujar Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Rabu.

BMKG memprakirakan tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka masing-masing hanya berkisar antara 0,25 hingga 0,5 meter, sementara di Selat Karimata antara 0,5 sampai 0,75 meter.

Sementara itu, kecepatan angin di kawasan perairan rata-rata berkisar antara 8 hingga 33 kilometer per jam yang bergerak dari Badar Daya ke Barat Laut dan dari Barat Laut ke Timur Laut.

Namun demikian Nur Setiawan tetap mengimbau agar para nelayan dan operator angkutan laut tetap waspada dan tidak lupa membawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini menghadapi bahaya di laut.

Pada bagian lain juga disebutkan ketinggian pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,37 meter, di Membalong Belitung 2,35 meter, Toboali Bangka Selatan 2,11 meter, Muntok Bangka Barat 1,91 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,97 meter, Tanjungpandan Belitung 1,62 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,68 meter.

Menurut Nur Setiawan, cuaca di hampir seluruh darat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang.

Daratan di Muntok, Jebus, Belinyu dan Sungailiat berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, sementara daratan Pangkalpinang, Koba, dan Toboali, Sungai Selan, Tanjungpandan, Manggar, dan Selat Nasik hanya hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-25 kilometer per jam, suhu 23-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-97 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017