Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta petani di daerahnya agar dapat memanfaatkan benih padi bantuan untuk ditanam di areal sawah di daerah setempat.

"Saya minta bantuan benih yang disalurkan ke petani melalui gabungan kelompok tani yang tersebar di sejumlah desa, agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan musim tanam," katanya di Sungailiat, Rabu.

Dikatakan, pemerintah daerah mendorong sepenuhnya pengelolaan dan pengembangan persawahan guna mencukupi kebutuhan beras lokal.

"Pemerintah tidak hanya menyediakan areal persawahan namun juga menyalurkan bantuan benih padi unggul yang tahan hama dan cepat panen termasuk bantuan peralatan mengelola sawah," katanya.

Dikatakan, bantuan benih padi yang disalurkan kepetani merupakan bagian upaya dari pemerintah mendorong peningkatan produksi padi pada tingkat petani.

"Saya sarankan keseluruh petani untuk berkonsultasi dengan pihak penyuluh jika menghadapi kendala di lapangan mengenai bercocok tanam," ujarnya.

Bupati mengatakan, benih padi unggul yang disalurkan kepetani tahun 2017 sebanyak 13 ton atau lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya 12 ton.

"Benih padi unggul jenis  Ciliwung disalurkan bagi petani baik petani yang baru menggarap sawah maupun petani yang sudah lama mengelola sawah," katanya.    

Menurutnya, bantuan benih padi sengaja dipasokdari  wilayah Sumatera Selatan yang sudah bersertifikasi oleh badan yang berwenang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017