Muntok (Antara Babel) - Wakil Bupati (Wabup) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna meningkatkan kualitas hidup bangsa.

"PHBS merupakan upaya dini untuk mencegah penyakit, jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kami yakin akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mampu mendukung target Pemkab menuju Bangka Barat Hebat 2021," kata Wabup Bangka Barat Markus di Muntok, Jumat.

Menurut dia, penerapan PHBS dalam setiap aktivitas perlu terus disosialisasikan dan perlu dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat.

"Program gerakan masyarakat sehat dengan penerapan PHBS yang dicanangkan pemerintah mendapat dukungan dari masyarakat, para tenaga medis yang bertugas di seluruh Bangka Barat juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyukseskan kegiatan itu," katanya.

Seruan itu di sampaikan Markus bertepatan dengan peringatan hari Persatuan Perawat Nasional Indonesia ke-43 yang diselenggarakan di Kabupaten Bangka Barat.

Dalam kegiatan yang mengambil tema gerakan perawat mendukung masyarakat sehat untuk menuju Bangka Barat Hebat 2021 tersebut, Markus mengimbau seluruh tenaga medis untuk aktif memberikan sosialisasi PHBS dengan pola turun langsung ke masyarakat.

"Ada beberapa perilaku yang sebaiknya segera dilakukan masyarakat agar bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup, antara lain melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya, meningkatkan konsumsi buah dan sayur, serta pemeriksaan kesehatan rutin minimal setiap enam bulan sekali," kata dia.

Pada peringatan yang diselenggarakan serentak di sejumlah pusat kesehatan masyarakat di daerah itu, Wakil Bupati juga memberikan contoh dengan turut serta dalam gerakan cuci tangan bersama ratusan warga, senam lansia dan penanaman tanaman obat keluarga.

"Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya terjadi setahun sekali, namun bisa terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga derajat kesehatan masyarakat terus meningkat," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017