Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan gelombang maksimum di jalur penyeberangan Selat Karimata dapat mencapai dua meter pada Selasa (21/3).

"Ketinggian gelombang signifikan di Selat Karimata hanya berkisar antara 0,25 sampai 1,0 meter, namun ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang signifikan," ujar staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Kota Pangkalpinang, Muhammad Nurwahyudi, Senin.

Sementara itu ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka hanya berkisar antara 0,0 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, utara Bangka dan selatan Bangka diprakirakan antara 0,25 hingga 0,75 meter.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sepanjang Selasa diprakirakan antara 8 hingga 35 kilometer per jam dengan rata-rata angin berhembus dari arah Barat Laut ke Timur Laut serta dari Barat ke Utara.

Nurwahyudi mengimbau agar nelayan tradisional dan kapal angkutan tetap memperhatikan fasilitas keselamatan saat berlayar karena ketinggian gelombang sewaktu-waktu dapat berubah akibat perubahan suhu dan kecepatan angin di perairan.

Masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga diimbau agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir yang masih berpeluang terjadi pada siang dan sore hari terutama di Pulau Bangka bagian tengah.

Daratan di provinsi ini seperti di Muntok, Jebus, Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Toboali, Tanjungpandan, Selat Nasik, Belinyu, Sungailiat, dan Manggar diprakirakan hanya berawan dan berpotensi dilanda hujan ringan hingga sedang dengan kecepatan angin rata-rata 6-25 kilometer per jam, suhu 23-32 derajat Celsius dan Kelembaban udara 65-97 persen.

BMKG Pangkalpinang juga mengimbau masyarakat di pesisir pantai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar mewapadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan di atas dua meter di beberapa lokasi.

Pasang air laut maksimum di atas dua meter dapat terjadi di Sungailiat Kabupaten Bangka dan Membalong Kabupaten Belitung masing-masing setinggi 2,32 meter dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,11 meter.

Sedangkan pasang air laut maksimum di Muntok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan sekitar 1,61 meter, Belinyu Kabupaten Bangka 1,57 meter, Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,59 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,88 meter.

Mengingat pasang air laut yang cukup tinggi, masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir diharapkan tidak memaksakan diri untuk beraktivitas di pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, Muhammad Nurwahyudi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017