Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui instansi terkait berusaha mewujudkan gerakan masyarakat sehat guna kepentingan bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Jumat, mengatakan untuk mewujudkan program yang telah disiapkan itu harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Menurut dia, program ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang baik dan prima semua masyarakat sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 untuk mempercepat dan menyinergikan kegiatan promotif dan preventif gerakan hidup sehat.

"Dukungan dari masyarakat menentukan terwujudkan program ini, di antaranya dengan melakukan cek kesehatan secara berkala dan rutin," katanya.

Pengecekan kesehatan secara berkala dan rutin perlu dilakukan karena banyak pasien yang tidak mengetahui jika dia mengidap penyakit tertentu.

"Program ini sangat penting diwujudkan dan sudah menjadi keharusan bersama untuk dikampanyekan secara luas di tengah masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, hal penting lainnya dalam upaya mewujudkan gerakan masyarakat sehat selain secara rutin melakukan pengecekan kesehatan juga harus menerapkan pola dan perilaku hidup sehat mulai dari pola makan, lingkungan bersih dan lainnya.

"Pola makan yang teratur termasuk menjaga kebersihan merupakan upaya awal mencegah penyakit," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017