Muntok (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di daerah setempat meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi demi terwujudnya transparansi.

"Otonomi daerah yang diharapkan mampu mempercepat laju pembangunan nasional akan bisa terwujud dengan meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat," kata Bupati Parhan Ali di Muntok, Selasa.

Menurut dia, tujuan utama otonomi daerah, yaitu pemerintah daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Hal ini disampaikan Parhan Ali pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-21 di lapangan parkir timur komplek perkantoran terpadu Kabupaten Bangka Barat, Selasa.

Dia menyampaikan makna pokok yang terkandung dalam tema Peringatan Hari Otonomi Daerah, yaitu "Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government" yang pada intinya menginginkan pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Peningkatan kinerja tersebut harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau "electronic government" agar informasi bisa diakses masyarakat dengan mudah, cepat dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan pemerintah daerah.

"Ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis E-Government membutuhkan kemampuan dan integritas tinggi dari setiap aparatur Pemerintah Daerah dan akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintah daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih," kata dia.

Selain itu, demi efektivitas penyelenggaraan pemerintah daerah harus senantiasa terjalin hubungan yang harmonis antara kepala daerah dan DPRD sebagai sesama unsur  penyelenggara pemerintahan di daerah, termasuk hubungan yang harmonis dengan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

"Kualitas tata kelola pemerintahan daerah untuk mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik dan profil pemerintah daerah yang bersih melalui reformasi  birokrasi juga harus ditingkatkan," katanya.

Dengan terealisasinya berbagai pokok penting itu diharapkan prioritas program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa segera terwujud sesuai yang diharapkan.

Hal ini juga perlu didukung pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah secara efektif, transparan dan akuntabel, meningkatkan daya saing perekonomian daerah, baik global maupun regional melalui pengelolaan potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat maupun dunia usaha.

"Serta meningkatkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan Pemerintah Daerah secara efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017