Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menargetkan kafilah daerah itu mampu memenuhi target tiga besar dalam Seleksi Tilawah Quran (STQ) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Sebanyak 12 hafidz/hafidzah yang memperkuat kafilah kami harapkan mampu meraih target tersebut pada STQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Sungailiat pada 2 hingga 6 Mei 2017," kata Kepala Bagian Sosial Kemasyarakatan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Suradi di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 12 orang perwakilan Kabupaten Bangka Barat itu terdiri sari tujuh orang putra dan lima putri yang akan tampil pada masing-masing cabang tilawah dan hifdzil Quran.

Menurut dia, sebanyak 12 orang wakil daerah itu akan ikut dalam 12 cabang dari 14 peluang kategori yang dilombakan pada  STQ tingkat provinsi.

"Masing-masing akan berlomba dalam cabang tilawah Al Quran golongan anak-anak putra dan putri, tilawah Al Quran golongan dewasa putra dan putri, hifzhil Quran atau hafalan Quran golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz," kata dia.

Ia menambahkan, dua cabang yang tidak diikuti, yaitu hifzhil Quran golongan 20 juz putri dan 30 juz putri.

Dengan formasi kafilah yang dikirimkan, ia berharap akan memenuhi target tiga besar dalam lomba tersebut.

"Terlebih kontingen Bangka Barat masih diperkuat hafidz cilik Musa yang ikut dalam tilawah anak putra 30 juz dan Sahid yang mengikuti golongan tilawah 20 juz," katanya.

Ia mengatakan, pada STQ Babel 2015 di Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat berhasil menyabet juara umum, namun tahun ini cukup di tiga besar.

Kafilah Bangka Barat dilepas Wakil Bupati Bangka Barat, Markus di Kantor Bupati setempat.

Ia berharap agar kafilah Bangka Barat mampu menampilkan kemampuan terbaik dan meraih prestasi dalam STQ tingkat Provinsi Bangka Belitung.

"Mudah-mudahan mereka tidak terbebani target sehingga mampu menunjukkan performa terbaiknya dan dapat meraih prestasi yang membanggakan masyarakat Bangka Barat," kata Markus.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017