Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 20 orang khafilah asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti lomba Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat provinsi tahun 2017.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Bangka, Rahmani, di Sungailiat, Selasa, mengatakan ke-20 orang khafilah yang dipercaya mewakili daerah itu terdiri atas 11 orang qori dan qoriah serta sembilan pelatih dan ofisial.

"Peserta yang kita utus merupakan qori dan qoriah terbaik hasil seleksi di tingkat kabupaten," katanya.

Sebagai tuan rumah STQ tingkat provinsi, Pemerintah Kabupaten Bangka menargetkan menjadi juara umum.

"Sebelumnya pada perlombaan yang sama utusan dari Kabupaten Bangka mampu meraih juara umum dan saya berharap pada kegiatan tahun ini juga menjadi juara umum," ujarnya.

Cabang yang diikuti yakni cabang tilawah katagori anak-anak putra putri dan dewasa putra putri, kemudian tahfis Al Quran meliputi satu juz, lima juz, 10 juz, dan 20 juz.

"Dengan berbagai pertimbangan untuk cabang tahfis Quran utusan dari Kabupaten Bangka hanya tidak mengikuti 30 juz," ujarnya.

Kegiatan STQ tidak hanya bertujuan untuk meraih juara namun lebih penting lagi adalah mensyiarkan Islam serta mempererat tali silaturahim antarumat Islam dari berbagai daerah.

"Peserta yang berhasil meraih juara akan menjadi wakil provinsi untuk mengikuti lomba tingkat nasional," kata Rahmani.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017