Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum berencana melakukan perluasan persawahan di daerah itu.

"Sampai saat ini belum ada rencana perluasan persawahan," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Suprani di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, belum adanya rencana perluasan sawah karena areal sawah yang sebelumnya sudah dibangun seluas 2.200 hektare belum semuanya digarap petani.

"Pemerintah menginginkan agar area sawah yang baru dibangun seluas 2.200 hektare itu dapat digarap secara maksimal dulu oleh para petani," katanya.

Sedangkan para petani di sejumlah desa, kata Suprani, memaksimalkan menggarap sawah yang sudah lama digarap seluas 780 hektare.

"Kemampuan produksi padi hasil petani baru mencapai sekitar lebih kurang 40 persen mencukupi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Produksi padi kering per hektarenya, menurut dia, sejauh ini baru mampu tercapai 3-4 ton dari target nasional 6 ton.

"Belum dimaksimalkan petani menggarap sawah yang sudah disediakan karena petani melihat sektor pertanian belum menjadi pilihan utama. Petani masih memilih berkebun atau menambang," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017