Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan 2017 guna mencapai ketahanan pangan di kota itu.

"Rapat koordinasi ini mengusung tema 'Pemanfaatan Pangan Lokal Untuk Pangan Fungsional'. Diharapkan dengan adanya rakor ini ketahanan pangan di Pangkalpinang bisa terus ditingkatkan," kata Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian, Selasa.

Dia mengatakan, dengan dilaksanakannya rakor tersebut pihaknya akan membuat program dengan memanfaatkan tanaman lokal sebagai fungsi alternatif pengganti pangan.

"Jadi saya harapkan masyarakat dapat mulai memanfaatkan pangan lokal sebagai makanan pengganti dan hal ini akan menjadi kebiasaan sehari-hari," ujarnya,

Sopian menjelaskan, dengan sumber daya alam dan letak geografis wilayah dan kemampuan pemda untuk menyediakan stok pangan, maka mau tidak mau Pangkalpinang harus mendapatkan 80 persen pasokan pangan dari daerah lain.

"Walaupun kita bukan merupakan wilayah produksi yang baik, namun kita harus memberdayakan masyarakat dengan segala keterbatasan dengan harapan mereka mempunyai cadangan pangan lokal masing-masing, sehingga apabila terjadi masa kerawanan pangan mereka bisa memanfaatkan yang ada," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017