Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Kamis (25/5).

"Cuaca di provinsi ini berawan atau cerah berawan dengan peluang hujan ringan hampir di seluruh daratan," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Rabu.

Kecuali Kota Pangkalpinang yang diprakirakan diguyur hujan ringan pada dini hari, daratan lain seperti Jebus, Belinyu, Sungailiat, Tanjungpandan, Muntok, Koba, Sungai Selan, Toboali, Manggar dan Selat Nasik justru bepeluang dilanda hujan pada siang hari.

"Khusus di daratan Muntok Kabupaten Bangka Barat bahkan ada peluang hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang hari," katanya.

Kecepatan angin di seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 22-32 derajat celcius dan kelembaban udara 65-95 persen.

BMKG Pangkalpinang juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang dapat membahayakan keselamatan.

Tinggi pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan dapat mencapai 2,08 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,84 meter, di Toboali Bangka Selatan 1,79 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,26 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,15 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,19 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,84 meter.

Sementara itu gelombang maksimum mencapai 2,5 meter berpeluang terjadi di kawasan perairan dan juga di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terutama di Selat Karimata dan di kawasan utara Pulau Bangka.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan selatan Bangka antara 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di utara Bangka dan Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,25 meter.

"Perlu diingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan. Karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan harus tetap waspada," ujar Anggun Rahmania.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017