Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga dan nelayan tradisional agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum melebihi dua meter di sejumlah kawasan pesisir pantai.

"Waspadai pasang air laut maksimum yang dapat mencapai dua meter lebih di beberapa pesisir pantai sepanjang Senin (29/5)," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Omar Mukhtar, Minggu.

Ketinggian pasang air laut maksimum melebihi dua meter diprakirakan dapat terjadi di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka yang dapat mencapai 2,46 meter, di Pantai Membalong Kabupaten Belitung 2,43 meter dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,07 meter.

Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan. Karena itu warga yang bermukim di kawasan pantai dan juga para nelayan tradisional diminta agar senantiasa waspada dan tidak beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai lainnya rata-rata di bawah dua meter. Di Muntok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan sekitar 1,91 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,77 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,71 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,89 meter.

Sementara itu gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan juga relatif tinggi yakni dapat mencapai 2-3 meter.

Gelombang signifikan di Selat Bangka diprakirakan sekitar 0,25 hingga 0,5 meter, di Selat Gelasa dan kawasan utara Bangka sekitar 0,25 sampai 1,0 meter, di kawasan selatan Bangka 0,5 hingga 1,5 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,5 hingga 1,25 meter.

Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan. "Gelombang maksimum dengan ketinggian mencapai 2-3 meter berpotensi terjadi di Selat Gelasa, selatan Bangka, utara Bangka dan dan Selat Karimata," ujar Omar Mukhtar.

Rata-rata kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang berhembus dari Timur ke Selatan.

Cuaca di hampir seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berawan hingga berawan tebal dengan peluang hujan ringan dan hujan lokal hampir di semua kawasan baik pada pagi, siang, sore dan dini hari.

Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan juga berpeluang terjadi di beberapa daratan diantaranya di kawasan Belinyu Kabupaten Bangka dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan terutama pada siang hari.

Rata-rata kecepatan angin di daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu sekitar 23-32 derajat celsius dan kelembaban udara 60-100 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017