Muntok, 7/11 (antarababel.com) - Direktur Utama PT Timah Tbk, Sukrisno pada Kamis secara simbolis meresmikan Museum Timah Indonesia yang berada di Kota Muntok, Kepulauan Bangka Belitung.

Acara peresmian dihadiri ratusan tamu undangan tersebut diharapkan sebagai awal yang bagus untuk perkembangan pariwisata di Kabupaten Bangka Barat yang memiliki potensi wisata sejarah dan budaya, serta ditetapkannya Kota Muntok menjadi salah satu kota pusaka di Indonesia.

Museum yang dibangun menempati bekas Kantor Banka Tin Winning (BTW) tersebut cukup monumental karena restorasi yang dilakukan tetap mengacu pada keaslian gedung pada masanya.

Pada zaman dahulu gedung tersebut merupakan kantor utama perusahaan timah Belanda menjalankan operasional perusahaan.

Berdasarkan sejarah panjang gedung tersebut, PT Timah Tbk melalui Museum Timah Indonesia Muntok menyajikan elaborasi sejarah dari perkembangan tehnologi pertimahan hingga peleburan timah.

Museum yang berada di samping rumah dinas bupati itu diharapkan juga mampu menjadi sarana informasi tentang perkembangan Melayu Bangka, Pengasingan Proklamator RI dan sejarah PerangDunia ke-dua.

Museum Timah Indonesia Muntok dalam tampilannya menyajikan sembilan ruang pameran yang memuat informasi tentang pertimahan, budaya, dan sejarah.

Selain itu, museum itu juga dilengkapi dengan ruang auditorium, ruang rapat, perpustakaan, kafetaria dan museum shop yang diharapkan mampu menjadikan museum sebagai tempat yang representatif dan nyaman bagi pengunjung.

Pada ruang pamer atau galeri 1 menyajikan lintas sejarah Muntok, galeri 2 berisi sosial budaya Muntok, galeri 3 berisi sejarah PD II di Muntok, galeri 4 berisi sejarah pengasingan Bung Karno pada saat diasingkan di Muntok, galeri 5 berisi geologi dan eksplorasi, galeri 6 dan 7 berisi pengetahuan penambangan darat dan laut, galeri 8 berisi pengetahuan peleburan timah dan di galeri 9 pengunjung bisa menikmati sarana dan prasarana kreasi anak zaman.

Museum Timah Indonesia Muntok terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013