Pangkalpinang (Antara Babel) - IDX Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar seleksi tenaga profesional pasar modal atau "capital market professional development program (CMPDP)".

"Seleksi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah tenaga profesional pasar modal dengan menggelar serentak di 27 kota di Indonesia," kata Kepala BEI Cabang Pangkalpinang, Yosep Kaburuan, Sabtu.

Ia menjelaskan, pasar modal merupakan salah satu "leading indicator" perekonomian suatu negara. Berkembangnya pasar modal di suatu negara menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perekonomian di negara tersebut, sehingga berkembangnya pasar modal akan mendorong pula kemajuan ekonomi.

Ia menambahkan, salah satu faktor yang cukup mendasari mengapa jumlah investor maupun jumlah perusahaan tercatat di pasar modal Indonesia belum maksimal, disebabkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang pasar modal masih terbatas.

"Keterbatasan jumlah SDM yang memiliki pemahaman dan pengetahuan di bidang pasar modal secara langsung mempengaruhi perkembangan pasar modal di Indonesia," katanya.

Yosep menyebutkan, sebanyak 3.391 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti proses seleksi tenaga pasar modal dan khususnya di Pangkalpinang ada sebanyak delapan peserta.

"Program rekrutment tersebut merupakan upaya Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam menjaring dan menyiapkan tenaga-tenaga potensial untuk bergabung di pasar modal," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017