Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum mencapai 2,0 sampai 3,0 meter di kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (17/6).

Prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Omar Mukhtar, Jumat, mengatakan gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan.

Gelombang maksimum yang dapat mencapai ketinggian 2,0-3,0 meter diprakirakan berpotensi terjadi di Selat Karimata dan di kawasan selatan Pulau Bangka.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,5 meter, sementara di Selat Gelasa dan kawasan utara Bangka antara 0,5 sampai 0,75 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, dan di Selat Karimata 0,5 hingga 1,25 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan bahkan lebih, karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan harus waspada selama beraktivitas di laut," ujar Omar Mukhtar.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8-35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Sementara itu, cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu diprakirakan berawan atau cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal di beberapa tempat.

Hujan ringan dan hujan lokal antara lain berpeluang terjadi pada siang dan sore hari di daratan Muntok, Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Toboali, dan Selat Nasik.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-100 persen.

"Kita juga mengimbau agar warga mewaspadai kemungkinan hujan lebat disertai petir yang berpotensi terjadi pada siang hari di kawasan Jebus di Kabupaten Bangka Barat serta di Sungailiat dan Belinyu di Kabupaten Bangka," ujar Omar Mukhtar.

Pada kesempatan itu BMKG Pangkalpinang juga mengimbau masyarakat di pesisir pantai agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,15 meter di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung dan 2,09 meter di Sungailiat Kabupaten Bangka.

Sedangkan ketinggian pasang di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan diprakirakan sekitar 1,74 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,27 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,33 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,34 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,42 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017