Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung dan di Sungailiat Kabupaten Bangka di atas dua meter pada Jumat (23/6).

"Ketinggian pasang air laut di dua pesisir pantai ini harus diwaspadai," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Kamis.

BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat mencapai 2,15 meter dan di Membalong sekitar 2,06 meter.

"Pasang air laut setinggi itu tentu dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga harus mewaspadainya dengan menghindari beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya.

Selain di Sungailiat dan Membalong, rata-rata ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir pantai lain di bawah dua meter. Di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,94 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,67 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,45 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,42 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,98 meter.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum mencapai 2,0 sampai 3,0 meter di kawasan perairan selatan Pulau Bangka serta di perairan timur dan selatan Pulau Belitung sepanjang Jumat.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Karimata, Selat Gelasa dan utara Bangka antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di selatan Bangka 0,25 sampai 1,25 meter.

Ketinggian gelombang maksimum sendiri dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan dan bahkan lebih, sehingga para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan diimbau agar senantiasa waspada selama beraktivitas di laut.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8-36 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Sementara itu, cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Jumat diprakirakan berawan atau cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal hampir merata di seluruh wilayah terutama pada siang hari.

Meski demikian BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang dan sore hari terutama di wilayah Jebus dan Muntok Kabupaten Bangka Barat serta di Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017