Pangkalpinang (Antara Babel) - BMKG Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut pada sejumlah pesisir pantai yang berpotensi mencapai dua meter atau lebih pada Sabtu (24/6) di wilayah itu.

"Ketinggian pasang air laut di beberapa tempat berpotensi mancapai dua meter dan ini harus diwaspadai," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Rizki Adzani, Jumat.

BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 2,30 meter, Membalong Kabupaten Belitung 2,26 meter, serta pesisir Kepala Kampit Kabupaten Belitung Timur dan Toboali Kabupaten Bangka Selatan masing-masing setinggi 2,0 meter.

"Pasang air laut setinggi itu tentu dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga harus waspada dengan tidak beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya.

Selain itu rata-rata ketinggian pasang air laut maksimum pada wilayah pesisir pantai lain diprakirakan di bawah dua meter. Di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,85 meter, Belinyu Kabupaten Bangka 1,63 meter, dan  Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,55 meter.

Sementara itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang laut pada kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu relatif normal dan aman untuk pelayaran.

Ketinggian gelombang signifikan di perairan diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 1,0 meter, sementara kecepatan angin juga relatif normal 8 hingga 30 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Namun demikian para nelayan tradisional dan juga pengguna jasa angkutan laut tetap diimbau agar waspada dan tidak lupa membawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini menghadapi segala macam kemungkinan bahaya di laut.

"Kewaspadaan tetap harus diutamakan karena ketinggian gelombang dapat saja berubah secara tiba-tiba tergantung cuaca di perairan, apalagi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berawan dan cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal hampir merata di seluruh daratan terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017