Muntok (Antara Babel) - Hari kedua Idul Fitri 1438 Hijriah, sejumlah objek wisata pantai di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Objek wisata Pantai Batu Rakit dan Tanjungkalian yang terletak di kanan dan kiri kawasan Pelabuhan ASDP Tanjungkalian Muntok sejak siang mulai diserbu pengunjung untuk melepas lelah sekaligus menikmati keindahan pantai berpasir putih.

"Panorama pantai cukup indah, anak-anak kami juga bisa menikmati taman bermain yang tersedia gratis di kawasan Pantai Batu Rakit," kata Rika, salah seorang pengunjung dari Palembang saat ditemui di lokasi, Senin.

Ia mengatakan, sudah dua hari berada di Pulau Bangka untuk mengunjungi teman sekaligus ingin menikmati objek wisata yang ada di daerah itu.

Menurut dia, lokasi itu cukup aman dan nyaman, apalagi jika dilengkapi fasilitas pendukung yang memadai.

"Hari ini pedagang makanan belum ada yang buka, mungkin karena masih dalam suasana Lebaran," katanya.

Selain itu, kamar mandi umum yang terletak di depan "letter mark" Pantai Batu Rakit tutup sehingga membuat dia terpaksa mengurungkan niat mandi di pantai karena takut tidak bisa berbilas air bersih.

Pantai Batu Rakit yang selama ini menjadi andalan Kabupaten Bangka Barat menarik wisatawan cukup memadai dan layak karena didukung sejumlah fasilitas memadai.

Namun, kurangnya ketersediaan air bersih menjadi kendala yang perlu segera diperhatikan karena sebagian pengunjung membutuhkan air bersih untuk mandi setelah berenang di pantai berair jernih tersebut.

Di Pantai Tanjungkalian yang terletak di sekitar menara suar dan tidak terlalu jauh dari Pantai Batu Rakit, pengunjung juga tampak ramai sejak siang hari.

Menara suar setinggi 56 meter yang dibangun pada 1862 menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan pantai dari sisi atas.

Selain bisa menikmati keindahan panorama pantai, aktivitas Pelabuhan Tanjungkalian Muntok juga terlihat cukup jelas dari lokasi itu.

Aktivitas bongkar muat di kapal feri dan kapal cepat menjadi salah satu daya tarik untuk dilihat pengunjung sambil menikmati kuliner yang dijajakan para pedagang di tenda UKM.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017