Pangkalpinang (Antara Babel) - Cuaca di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan cerah berawan dan hanya berpeluang hujan lokal di beberapa lokasi.

"Cuaca di daratan Kepulauan Babel sepanjang Selasa (27/6) diprakirakan cerah berawan," ujar prakirawan Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Senin.

Hujan lokal diprakirakan berpeluang terjadi pada siang hari di antaranya di Muntok, Jebus, Sungailiat, Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Tanjungpandan dan Selat Nasik.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 70 hingga 95 persen.

BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, utara Bangka, selatan Bangka dan Selat Karimata hanya antara 0,25 hingga 0,75 meter.

Kecepatan angin di perairan dan jalur-jalur penyeberangan juga diprakirakan cukup bersahabat antara 8 hingga 32 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari timur ke selatan.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 2,50 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung 2,37 meter.

Kemudian di pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,94 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,94 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,80 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,68 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,85 meter.

Meski relatif normal, warga yang berdomisili di kawasan pesisir diimbau tetap berhati-hati. "Warga harus tetap waspada dengan tidak memaksakan diri beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Nur Setiawan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017