Pangkalpinang (Antara Babel) - Sejumlah wilayah daratan di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sejak Sabtu (15/7) dilanda banjir diprakirakan masih berpeluang diguyur hujan sedang dan hujan ringan.

"Hujan sedang dan ringan berpotensi terjadi sepanjang Rabu (19/7), terutama pada pagi, siang dan dini hari," ujar prakirawan dari kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Selasa.

Hujan sedang dan ringan diprakirakan berpotensi mengguyur wilayah daratan Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung serta kawasan Manggar dan juga Selat Nasik di Kabupaten Belitung timur.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang pada pagi dan siang hari juga berpeluang melanda wilayah daratan Muntok dan Jebus di Kabupaten Bangka Barat, kemudian Sungailiat dan Belinyu di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Koba dan Sungai Selan di Kabupaten Bangka Tengah serta Toboali di Kabupaten Bangka Selatan.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23-30 derajat Celcius serta kelembaban udara 65-95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,0 hingga 3,0 meter di perairan selatan Pulau Bangka, selatan Pulau Belitung, serta Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa dan utara Bangka diprakirakan berkisar antara 0,25 sampai 0,75 meter, sementara di selatan Bangka dan Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Pengguna jasa angkutan laut dan para nelayan tradisional diimbau agar senantiasa waspada karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sepanjang Rabu diprakirakan berkisar antara 8 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Tenggara ke Barat Daya.

BMKG juga mengimbau masyarakat di pesisir pantai agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,08 meter di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung, serta masing-masing setinggi 1,91 di pesisir Sungailiat Kabupaten Bangka dan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di Muntok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan sekitar 1,10 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,11 meter, sedangkan di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung sekitar 1,22 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017