Pangkalpinang (Antara Babel) - Wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Kamis (20/7).

"Hujan ringan dan hujan lokal berpotensi terjadi secara merata pada pagi dan siang hari," ujar prakirawan dari kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Rabu.

Namun demikian, khusus di wilayah Kota Pangkalpinang dan Koba di Kabupaten Bangka Tengah diprakirakan juga berpotensi dilanda hujan petir.

Secara umum cuaca di daratan Kepulauan Babel cerah berawan dengan kecepatan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23-31 derajat Celcius serta kelembaban udara 65-100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga merilis potensi gelombang maksimum dengan ketinggian mencapai 2,0 meter di kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan utara Pulau BangKa diprakirakan berkisar antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di selatan Pulau Bangka dan Selat Karimata antara 0,75 hingga 1,0 meter.

Para pengguna jasa angkutan laut dan nelayan tradisional tetap diimbau agar senantiasa waspada karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sepanjang Kamis diprakirakan berkisar antara 8 hingga 38 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Tenggara ke Barat Daya.

BMKG juga mengimbau masyarakat di pesisir pantai agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,19 meter di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung dam 2,04 di pesisir Sungailiat Kabupaten Bangka.

Sementara itu di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,99 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,43 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,32 meter. Sedangkan di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung sekitar 1,37 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017