Pangkalpinang (Antara Babel) - Kondisi cuaca di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (21/7) diprakirakan cerah berawan dan hanya berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan di beberapa lokasi.

"Cuaca di daratan Kepulauan Babel sepanjang Jumat (21/7) diprakirakan cerah berawan," ujar prakirawan dari Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Rizki Adzani di Pangkalpinang, Kamis.

Hujan lokal diprakirakan berpeluang terjadi pada siang hari di beberapa daerah seperti di Jebus Kabupaten Bangka Barat, di Belinyu Kabupaten Bangka, di Kota Pangkalpinang, di Tanjungpandan Kabuaten Belitung, serta di Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan hanya pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan utara Pulau Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter dan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Kecepatan angin di perairan dan jalur-jalur penyeberangan juga diprakirakan cukup bersahabat antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 2,22 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 2,27 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,03 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 2,02 meter.

Kemudian di Muntok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,70 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,51 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,50 meter.

Warga yang berdomisili di kawasan pesisir tetap diimbau agar berhati-hati dengan tidak memaksakan diri beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017