Pangkalpinang (Antara Babel) - Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan cerah sepanjang Rabu (26/7).

"Cuaca di Babel pada pagi dan dini hari cerah, sementara pada sore dan malam hari diprakirakan cerah berawan," ujar prakirawan dari kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Evi Diana P, Selasa.

Hujan dengan intensitas ringan dan hujan lokal hanya berpeluang terjadi di wilayah Tanjungpandan Kabupaten Belitung dan di Manggar Kabupaten Belitung, itu pun hanya pada dini hari.

"Secara umum cuaca di Babel sangat bersahabat dengan kecepatan angin diprakirakan pada kisaran 20 hingga 30 kilometer per jam, suhu 24 sampai 32 derajat Celsius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen," katanya.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang maksimum di kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat mencapai 2,0 hingga 3,0 meter, terutama di Selat Karimata, perairan utara Pulau Bangka, dan Pulau Belitung bagian timur.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di utara Pulau Bangka dan Selat Karimata antara 0,5 sampai 1,5 meter.

Gelombang maksimum sendiri dapat mencapai dua kali gelombang signifikan, sehingga ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan sewaktu-waktu dapat mencapai 2,0 hingga 3,0 meter.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8-40 kilometer per jam rata-rata bertiup dari timur ke selatan.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka pada Rabu diprakirakan mencapai 2,41 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung 2,21 meter.

Kemudian di Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan Muntok Kabupaten Bangka Barat masing-masing 1,77 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur dan Belinyu Kabupaten Banka masing-masing 1,71 meter, sedangkan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,53 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017