Pangkalpinang (Antara Babel) - Cuaca di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (28/7) diprakirakan cerah berawan dan hanya berpeluang hujan dengan intensitas ringan di beberapa lokasi.

Prakirawan dari Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Kamis, menyebutkan hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, dan di Manggar Kabupaten Belitung Timur.

"Hujan ringan di Muntok berpeluang terjadi pada malam hari, sementara di Manggar pada siang hari," katanya.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan hanya pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat dapat mencapai tiga meter.

"Gelombang maksimum setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan tradisional diimbau agar senantiasa waspada," ujar Anggun Rahmania.

Ia menyebutkan, gelombang maksimum hingga mencapai tiga meter tersebut dapat terjadi di jalur penyeberangan di Selat Karimata, kemudian di perairan utara Pulau Bangka, di Selat Gelasa, serta di kawasan selatan dan timur Pulau Belitung.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa dan kawasan utara Pulau Bangka antara 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di selatan Pulau Bangka dan Selat Karimata antara 0,75 hingga 1,5 meter.

Dengan ketinggian gelombang maksimum yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka gelombang di jalur-jalur penyeberangan dan perairan provinsi ini pada Jumat dapat mencapai 3,0 meter.

Kecepatan angin di perairan diprakirakan berkisar antara 8-40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 2,14 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 1,99 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,69 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,42 meter.

Kemudian di Muntok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,27 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,41 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,25 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017