Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan gelombang maksimum di sejumlah jalur penyeberangan di provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu (1/8) masih berpeluang mencapai ketinggian 4,0 meter.

"Setidaknya ketinggian gelombang maksimum di tiga jalur penyeberangan dapat mencapai 4,0 meter, yakni di kawasan utara dan selatan Pulau Bangka, serta di Selat Karimata," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Selasa.

Selain itu ketinggian gelombang maksimum di Selat Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,0 meter, sedangkan di Selat Gelasa 2,5 meter.

"Gelombang setinggi itu jelas dapat membahayakan keselamatan, karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga nelayan tradisional diimbau agar senantiasa waspada," ujar Anggun Rahmania.

Ia menyebutkan ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di kawasan utara dan selatan Pulau Bangka serta Selat Karimata masing-masing antara 0,75 hingga 2,0 meter.

Dengan ketinggian gelombang maksimum yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka gelombang maksimum di seluruh jalur penyeberangan sepanjang Rabu dapat mencapai 2,0 sampai 4,0 meter.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Sementara itu cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan cerah berawan dengan peluang hujan ringan di beberapa wilayah seperti di Koba Kabupaten Bangka Tengah serta di Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang menyebutkan ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai cenderung normal.

Kecuali pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang diprakirakan mencapai 2,11 meter, ketinggian pasang air laut maksimum di kawasan pesisir lain rata-rata di bawah dua meter.

Di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,88 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,15 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,93 meter, di Kepala Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,91 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,16 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten 1,29 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017