Pangkalpinang (Antara Babel) - BMKG Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai di daerah itu berpotensi mencapai dua meter atau lebih pada Kamis (3/8).

Prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Rabu, menyebutkan ketinggian pasang air laut mencapai dua meter atau lebih dapat membahayakan keselamatan, karena itu warga diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,18 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,07 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,02 meter.

Ketinggian pasang air laut di bawah dua meter diprakirakan terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,97 meter, kemudian di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,48 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,38 meter dan Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,43 meter.

Pada kesempatan itu BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang maksimum yang dapat mencapai 3,0 meter di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan, di antaranya di utara Pulau Bangka, di Selat Gelasa, di Selat Karimata, serta di perairan Pulau Belitung bagian selatan dan timur.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Karimata dan utara Pulau Bangka diprakirakan antara 0,5 sampai 1,5 meter, di Selat Gelasa 0,5 sampai 1,25 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Bangka antara 0,25 sampai 0,5 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga nelayan tradisional agar waspada selama beraktivitas di laut," kata Rizki Adzani.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan 8 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata berhembus dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG juga memprakirakan cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis cerah berawan dengan peluang hujan dengan intensitas ringan di beberapa lokasi terutama pada siang hari.

Hujan ringan antara lain berpeluang terjadi di Muntok Kabupaten Bangka Barat, Pangkalpinang, di Toboali kabupaten Bangka Selatan dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 hingga 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017