Pangkalpinang (Antara Babel) - BMKG Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi mencapai dua meter atau lebih di sejumlah pesisir pantai pada Minggu (6/8).

"Ketinggian pasang air laut maksimum di beberapa pesisir pantai berpeluang di atas dua meter," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Sabtu.

Ia menyebutkan, ketinggian pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih dapat membahayakan keselamatan, karena itu warga diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,32 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,45 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,05 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 2,07 meter.

Ketinggian pasang air laut di bawah dua meter diprakirakan di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,94 meter, kemudian di Belinyu Kabupaten Bangka 1,79 meter dan Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,62 meter.

Pada kesempatan itu BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang maksimum yang dapat mencapai 2,0 hingga 4,0 meter di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan, di antaranya di selatan Pulau Bangka, di Selat Gelasa, di Selat Karimata, serta di perairan Pulau Belitung bagian selatan, utara dan timur.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Karimata diprakirakan antara 0,5 sampai 2,0 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,5 meter, di Selat Gelasa 0,5 sampai 1,25 meter, di utara Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Bangka antara 0,25 sampai 0,75 meter.

Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga nelayan tradisional diminta waspada selama beraktivitas di laut, kata Anggun Rahmania.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan 10 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata berhembus dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu cerah berawan dan hanya berpeluang hujan lokal pada beberapa wilayah.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 hingga 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017