Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal sepanjang Rabu (9/8).

Prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Nur Setiawan, Selasa, menyebutkan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 0,25 sampai 1,25 meter atau relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk aktivitas melaut para nelayan tradisional.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan kawasan utara Pulau Bangka antara 0,5 sampai 1 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,5 hingga 1,25 meter.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan juga relatif normal antara 8 hingga 40 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

"Namun demikian kami mengimbau para operator dan pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah daratan Provinsi Kepulauan Babel berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Nur Setiawan menyebutkan hujan sedang dan lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi melanda wilayah Kabupatan Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, serta di wilayah Pulau Belitung dan sekitarnya, terutama pada siang dan sore hari.

Hujan ringan dan hujan lokal juga berpeluang melanda hampir di seluruh wilayah daratan Provinsi Kepulauan Babel terutama pada siang hari. Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat celsius dan kelembaban udara 65 sampai 95 persen.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di kawasan pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan sekitar 2,20 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,39 meter, dan di pesisir Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,83 meter.

Kemudian di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,82 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,67 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,45 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,66 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017