Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan potensi gelombang maksimum mencapai tiga meter berpeluang terjadi di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (10/8).

"Gelombang maksimum setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya pengguna jasa angkutan laut dan para nelayan tradisional diimbau agar waspada," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Rabu.

Ia menyebutkan gelombang maksimum mencapai tiga meter tersebut dapat terjadi di jalur penyeberangan Selat Karimata, Selat Gelasa, serta di perairan selatan, timur dan utara Pulau Bangka.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan kawasan selatan Pulau Bangka antara 0,5 sampai 1,0 meter, di utara Pulau Bangka antara 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,5 meter.

Dengan ketinggian gelombang maksimum yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka gelombang di jalur-jalur penyeberangan dan perairan provinsi ini dapat mencapai 3,0 meter.

Kecepatan angin di kawasan perairan diprakirakan berkisar antara 8 sampai 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal di beberepa wilayah seperti di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan juga di beberapa kawasan di Pulau Belitung.

Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang hanya berpeluang terjadi di kawasan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,26 meter, sedangkan di Membalong Kabupaten Belitung 2,13 meter.

Kemudian di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,74 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,58 meter, di Kepala Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,55 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,53 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,33 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017