Pangkalpinang (Antara Babel) - Wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berpotensi dilanda hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang pada Jumat (10/8).

"Hujan lebat yang disertai petir paling berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka khususnya di kawasan Belinyu," ujar prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adazani, Kamis.

Secara umum cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Jumat cenderung berawan dengan kecepatan angin pada kisaran 30 kilometer per jam, suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 60-95 persen.

Selain hujan lebat disertai petir di Kabupaten Bangka, daratan lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hampir seluruhnya berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

"Seluruh daratan kecuali Sungai Selan di Kabupaten Bangka Tengah dan Toboali di Kabupaten Bangka Selatan sangat berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan atau sedang terutama pada siang dan dini hari," kata Rizki Adzani.

Pada kesempatan itu BMKG Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum mencapai 2,0 hingga 3,0 meter di jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terutama di Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa serta di kawasan utara dan selatan Pulau Bangka antara 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,0 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan dan bahkan lebih, karenanya pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan tradisional harus senantiasa waspada," katanya.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8-40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan serta dari Timur Laut ke Tenggara.

Sementara itu ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,11 meter, sedangkan di Membalong Kabupaten Belitung 2,06 meter.

Kemudian di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,67 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,26 meter, di Kepala Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,41 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,32 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,17 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017