Pangkalpinang (Antara Babel) - Salah satu tokoh perempuan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Endang Kusumawaty dipastikan masuk dalam salah satu daftar nama yang sudah diplenokan oleh
PDI Perjuangan di tingkat DPC pada 31 Juli 2017.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Pangkalpinang, Harly, Kamis, mengatakan hingga kini pihaknya sudah mencatat belasan nama kandidat yang berkesempatan besar maju dari partai mereka sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang.

"Beberapa nama mencalonkan sebagai wali kota yakni M Sopian, Sarjulianto, Hardi, Saparudin, Dharma Sutomo, Elly Rebuin, Djunaidi Thalib dan Endang Kusumawaty. Sementara yang mencalonkan diri sebagai wakil wali kota yakni Zeki Yamani, Edison Taher, M Irham, Maulan Aklil, Rina Tarol dan Ahmadi Sofyan," katanya.

Dia mengatakan, ke-14 nama tersebut sudah diplenokan di tingkat DPC dan sudah disampaikan ke DPD PDI Perjuangan Kepulauan Bangka Belitung.

"Sudah kami sampaikan nama-namanya ke DPD, bisa juga komunikasi di tingkat DPD. Yang jelas penjaringan akan melalui DPP," katanya.

Dikatakannya, sesuai dengan arahan DPP, pihaknya menjelaskan muncul kader PDI Perjuangan yang sejalan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Proses survei menjadi yang terpenting bagi partai untuk
menentukan siapa yang akan maju dalam pertarungan Pilwako mendatang.
     
"Proses survei yang nanti akan kita lihat. DPD rapat 15 Agustus nanti, segera akan dibawa ke DPP. Ada 14 nama, proses selanjutnya di DPP, proses wawancara. Kami tidak tahu ada yang mendaftar di DPP atau DPD, kami hanya mengamankan yang di DPC," ujarnya.
     
Harly mengatakan, para kandidat harus mengikuti mekanisme yang ada di partai. Dimana pada pilwako ini PDI Perjuangan dimungkinkan merilis nama kandidat lebih cepat dari biasanya.
     
"Dalam rakerda juga kami minta penetapan calon lebih cepat, agar kami bisa bergerak cepat tak seperti sebelum-sebelumnya," katanya.

Sebelumnya, Endang Kusumawaty sudah mengembalikan formulir di lima partai yakni PPP, PKB, Hanura, Demokrat dan PAN. PDI Perjuangan menjadi partai keenam yang namanya muncul. Apalagi, sosialisasi jor-joran yang dia lakukan beberapa minggu belakangan membuat dia semakin dikenal masyarakat Kota Pangkalpinang.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017