Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal pada Senin (14/8).

Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 0,25 sampai 1,25 meter atau relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk aktivitas melaut para nelayan tradisional, ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Minggu.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa dan selatan Pulau Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di utara Pulau Bangka 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,5 hingga 1,25 meter.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan juga relatif normal antara 8 hingga 36 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan sebagian wilayah daratan Provinsi Kepulauan Babel berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Anggun menyebutkan hujan sedang dan lebat yang disertai petir berpotensi melanda wilayah Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan terutama pada pagi hingga sore hari.

Hujan ringan dan hujan lokal juga berpeluang melanda hampir seluruh wilayah daratan Provinsi Kepulauan Babel terutama pada pagi dan siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat celsius dan kelembaban udara 65 sampai 95 persen.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga relatif bersahabat dan rata-rata di bawah dua meter.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan sekitar 1,97 meter, di Toboali Kabuoaten Bangak Selatan 1,77 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,55 meter.

Kemudian di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,69 meter, di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung 1,01 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 0,63 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 0,78 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017